Parang Pariaman (bagian 16)

Dari punggung kudanya Giring-Giring Perak melihat banyak sekali mayat penduduk Pariaman bergelimpangan. Perang menjadi sangat tidak berimbang ketika penduduk bersenjata parang, tombak, panah, kelewang atau keris berhadapan dengan peluruh senapan dan peluru meriam.
“Kesaktian” para pesilat seperti diredam oleh terkaman peluru. Tiba-tiba dia menghentikan kudanya. Melihat ke arah pantai. Di sana sebuah kapal Inggeris yang cukup besar tenggelam. Yang kelihatan muncul dari laut hanya bahagian kamar komando dan triang bendera. Pada tiang benmdera itu masih terikat bendera Inggeris yang melambai lemah ditiup angin pagi.
Giring-Giring Perak kembali menatap beberapa mayat yang tak jauh dari tempatnya. Dia seperti mengenal wajah beberapa dari mayat tersebut. Dia coba mengumpulkan ingatan, lalu tiba-tiba dia ingat wajah-wajah itu.
Apa yang terjadi sehingga mayat-mayat bertebaran di Pariaman? Kabar akan digantung nya Sidi Buang, Anduang Ijuak dan Gindo Fuad itu sebenarnya sudah lama menyebar. Kabar itu sampai ke telinga seratusan anggota Datuk Sipasan dan ratusan anggota Harimau Tambuntulang yang selamat dari runtuhnya Bukit Tambuntulang.
Baik anggota Datuk Sipasan maupun bekas anak buah Harimau Tambuntulang itu bermukim di sekitar Padangpanjang, Tanah Datar, Bukittinggi dan Kayutanam. Mereka hidup sebagai petani. Saat mendengar Inggeris kembali menyulut per musuhan dengan Sunua dan Ulakan, diam-diam mereka berdatangan.
Dan…sesaat sebelum Sidi Buang, Anduang Ijuak dan Gindo Fuad digantung, mereka berjibaku menyerang loji itu. Serangan yang mendadak dan amat di luar dugaan yang dialkukan lebih dari tiga ratusan orang yang mahir berperang itu membuat Inggeris kalang kabut.
Ketiga orang yang akan digantung itu bisa dibebaskan oleh ratusan orang yang menyerang. Saat Uwak Sanga yang lari terbirit-birit akan masuk barak perwira di areal loji itu, dia mendengar suara dari sampingnya.

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s