Si Burai-burai Indah Yang Mempesona

dsc_0112
Air terjun bagi orang Malalak disebut dengan istilah Burai-burai. Di daerah Malalak ini sangat banyak air terjun yang masih alami, salah satunya adalah Si Burai-burai Indah yang terletak di Jorong Lansiang atau Sungai Lansiangan Nagari Malalak Barat. Untuk mencapai lokasi air terjun ini tidak terlalu sulit, bisa ditempuh dari Bukittinggi ataupun dari Pariaman. Dari arah Bukittinggi lokasi air terjun bisa ditempuh dengan waktu lebih kurang 1 jam perjalanan melalui jalur jalan alternatif Bukittinggi-Padang. Sedangkan dari arah Pariaman dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 jam via Padang Alai.
Sesampai di Jorong Lansiang, kita tidak akan kesulitan mencari lokasi air terjun karena warga setempat sangat ramah menyambut para wisatawan yang berkunjung ke kampung mereka. Mereka akan memberitahu posko untuk melapor ke lokasi air terjun. Sesampai di posko, kita diberi arahan singkat dan melayani pengunjung dengan memberikan jasa pemandu wisata. Untuk biaya pemandu tidak dipatok besaran biayanya, hanya keikhlasan dari pengunjung. Sementara untuk biaya masuk ke lokasi wisata, pengunjung dikenakan biaya 5 ribu rupiah per orang dan biaya parkir kendaraan roda empat 10 ribu rupiah.
Untuk mencapai lokasi air terjun, bagi pemula bisa menghabiskan waktu lebih kurang satu jam, namun bagi para pecinta alam yang telah terbiasa dengan jalur pendakian bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 20 menit. Jalur menuju air terjun sangat beragam, mulai dari datar, landai sampai terjal dengan kemiringan sekitar 75 derajat. Ketika hamparan air terjun yang cukup besar ini telah terlihat dipelupuk mata, kita harus menyeberangi sungai terlebih dahulu sebelum benar-benar dekat dengan air terjun. Sungai yang diseberangi memiliki lebar kurang lebih 10 m dengan arus airnya yang deras dan bebatuan besar yang licin. Kedalaman sungai bervariasi dari semata kaki dipinggirnya sampai sedalam paha orang dewasa di titik-titik tertentu.
Ketika air terjun telah benar-benar terhampar dihadapan kita, kita disuguhkan oleh pemandangan yang sangat luar biasa. Meskipun air terjunnya tidak begitu tinggi, namun debit airnya besar. Kawasannya masih sangat alami. Dipinggiran air terjun dihiasi oleh berbagai relief dari batu. Salah satu relief yang menarik adalah, seperti ukiran wajah orang di bagian kanan air terjun. Salah satu kebiasaan yang dipesankan oleh pemandu wisata adalah jangan menunjuk air terjun dengan tangan kiri, bisa dapat celaka kata mereka. Namun apapun mitos yang ada, Burai-burai Indah ini memang benar-benar indah. Airnya yang jernih akan membuat kita terlena dengan keindahan alam sekitarnya. Salah satu sebab lokasi ini masih sangat asri dan mungkin masih perawan adalah karena masih jarangnya pengunjung kawasan ini.
Dari cerita pemandu, lubuk yang ada didekat burai-burai ini tidak diketahui berapa dalamnya. Airnya sangat hijau, sehingga para pengunjung tidak dianjurkan untuk berenang. Kalaupun ingin bermain air dan berbasah-basahan cukup dipingir-pinggir saja. Lokasi yang sangat asri ini membuat pikiran kita tenang, dan mungkin lokasi ini bisa disebut sebagai tempat mandinya para bidadari sorga.
Kekurangan yang masih ada untuk kawasan wisata ini adalah, lokasi parkir. Belum adanya lokasi parkir yang memadai adalah salah satu cerminan bahwa kawasan ini masih belum banyak dikunjungi orang. Baik kendaraan roda dua ataupun roda empat, diparkir hanya dipinggir jalan kampung. Selanjutnya adalah tiket masuk. Walaupun harga tiket masuk tergolong tidak mahal, namun tiketnya tidak ada. Dengan kata lain kita bayar tanpa mengantongi sebuah tiket.
Lokasi yang indah diikuti dengan pengelolaan yang profesionanl bisa menjadikan kawasan wisata Burai-burai Indah menjadi salah satu tujuan wisata top di ranah Minang, khususnya daerah Malalak.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s